Kamis, 07 Oktober 2010

FIRMAN, Sang Duta Seni Pelajar Kota Cilegon itu Dari MA Karangtengah

KALI INI, Redaksi Ciplukan, menurunkan sebuah perjalanan seorang aktivis yang tidak terdeteksi oleh daftar hadir pada kegiatan-kegiatan yang disajikan OSIS MA Karangtengah. Namun, ia akan gampang ditemukan namanya, jika kita melihatnya pada daftar DUTA SENI PELAJAR KOTA CILEGON. Namanya FIRMAN. Berikut ini hasil wawancara eksklusif kami dengannya.

APA LEMBAGA YANG MENAUNGI ANDA?
Bidang Seni Budaya BPOSKS (Badan Pembina Olahraga dan Seni Budaya Krakatau Steel) yang diketuai oleh Bapak Ari Selamet dan sebagai ketua Sanggar Bapak Ir. Wisnu Kuncara.

SEJAK KAPAN ANDA TERLIBAT DALAM KEGIATAN INI?
Di kampung saya salah satu anggota dari Kesenian Bandrong Gagak Putih. Ada informasi kepada peguron tentang pembukaan Penerimaan Duta Seni Pelajar Kota Cilegon, oleh PT. Krakatau Steel. Maka kami, yang masih berstatus sebagai pelajar sebanyak 6 orang mendaftar kepada panitia. Saya masuk melalui seleksi yang ketat. Selama 3 hari dari tanggal 5-7 Januari 2008.
Al-hamdulillah, dari 6 orang peguron yang daftar, 2 orang lolos seleksi, termasuk saya. Padahal, jumlah peserta tes se-kota Cilegon waktu itu beratus-ratus jumlahnya. Yang dibutuhkan 45 personil. Dan saya sekarang termasuk didalamnya.

SETELAH RESMI MENJADI PERSONIL DUTA SENI PELAJAR KOTA CILEGON, BAGAIMANA RUTINITAS LATIHAN ANDA?
Pihak manajemen menjadwalkan latihan 2 hari dalam seminggu. Tetapi, kalau mau ada pentas, 5-6 hari seminggu. Ini dilakukan untuk mempersiapkan pentas yang baik, dan hasil yang maksimal. Tidak cukup dengan 6 hari itu saja, sampai latihan malampun kami lakukan untuk kesempurnaan pentas nanti.

SAMPAI SAAT INI, SUDAH BERAPA KALI ANDA PENTAS DAN DIMAN SAJA PENTAS ITU DIGELAR?
Diantara pentas yang pernah saya ikuti, Duta Seni Pelajar Se Jawa-Bali di Bali, tahun 2008; Gelar Seni Nusantara, di Jakarta; Kemilau Nusantara, di Bandung, mewakili Kota Cilegon; Pesisir Seni Islam, Jakarta Utara; dan Gelar Seni Se-Provinsi Banten. Selain pentas mewakili Provinsi dan Kota, saya juga sering tampil di pentas-pentas umum. Diantaranya, Peresmian Pameran dan Pasar Sembako, Pusdiklat Bandung; Ramadhan Fair Fun, Pusdiklat Bandung; pentas di Tanam Indonesia Indah, Jakarta; pentas pada acara Peringatan Puncak hari Sumpah Pemuda tingkat Nasional, di Serang; dan acara Hari AKSARA tingkat nasional, di Cilegon, dll. Pada acara-acara itu, yang bikin saya bangga, diantara adalah kehadiran tamu asing: seperti dari India, Portugis, Malaysia.

Saya juga pernah membawa personel dari Madrasah Aliyah Karangtengah, berjumlah 20 personel dalam acara Pentas Seni Tradisi Se-Kota Cilegon. Diantaranya, Fahruroji, Muhlisin, Tb. Muhammad Ali Zikri, Solihin, Bahruni dll.

Bulletin Ciplukan edisi:2
08 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar