Kamis, 07 Oktober 2010

BERBONDONG-BONDONG KE ‘BAITUL HIKMAH’

Selama 1 (satu) semester terakhir ini pengunjung perpustakaan Baitul Hikmah mencapai 883 pengunjung yang setiap harinya diperkirakan lebih dari 10 pengunjung. Koleksi buku yang ada mencapai 216 buku yang terdiri dari (majalah, novel, paket pelajaran, PAI). Buku-buku ini diperoleh dari Departemen Agama, Dewan guru, alumni dan bahkan dari siswa. Menurut Bahruni salah seorang siswa Madrasah Aliyah al-Khairiyah Karangtengah, perpustakaan ini sangat mendukung kelancaran dalam proses belajar siswa. “Ya kalau bisa buku-buku tentang pelajaran disekolah ditambahin lagi, supaya ketika siswa atau siswi mengerjakan tugas makalahnya tidak cari referensi dari luar”.

Minat baca siswa-siswi Madarasah Aliyah al-Khairiyah Karangtengah cukup tinggi. Tapi hal ini tidak sebanding dengan kondisi ruangan yang sempit. Setiap kali siswa atau siswi berkunjung harus berdesak-desakan. Bukan cuma itu, para siswa dan siswi juga mengeluhkan tentang buku yang ada di perpustakaan, karena jumlahnya sedikit, maklum karena Perpustakaan Baitul Hikmah baru berdiri kurang lebih satu tahun.
Namun demikaian, setiap minggunya, berkat antusias dari berbagai pihak, ada saja koleksi baru yang bisa menambah perbendaharaan koleksi buku perpustakaan ini.

Keberadaan Baitul Hikmah sangat penting, sebagai pelengkap materi-materi pelajaran disekolah. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang guru bidang studi PKN Madrasah Aliyah Al-khairiyah Karangtengah ketika diwawancarai oleh tim redaksi CIPLUKAN. “Ada perbedaan dalam diri siswa-siswi setelah adanya Perpustakaan ini dalam segi belajarnya, tapi sampai saat ini kurangnya sosialisasi tentang keberadaan Perpustakaan baitul Hikmah. Padahal bukan hanya siswa yang membutuhkan tetapi dari pihak dewan guru juga mungkin membutuhkannya”. Lanjutnya.

Sementara itu dari pantauan CIPLUKAN, pengunjung perpustakaan ini tidak hanya terbatas siswa Aliyah saja, tetapi juga siswa MTs. Ketika kami konfirmasikan status perpustakaan ini kepada Wakamad Kurikulum Madrasah Aliyah Karangtengah, Bapak Ayatulloh, beliau mengatakan bahwa Perpustakaan Baitul Hikmah, sejak awal dibawah tanggungjawab Kepala Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Karangtengah, dan dilaksanakan di bawah kordinasi Wakamad Kurikulum Aliyah. Urusan pengunjung, setiap orang punya hak untuk mengambil manfaat dari perpustakaan ini, jangankan siswa, guru bahkan masyarakat umum sekalipun.

Ke depan, menurut Kurtubi, pegawai perpustakaan, rencananya perpustakaan ini akan menjadi Perpustakaan bersama Madrasah Al-Khairiyah Karangtengah. Ini merupakan salah satu respon baik dari pihak Pengurus Madrasah (Pengurus Cabang -Red) Al-Khairiyah Karangtengah. terhadap keberadaan Perpustakaan Baitul Hikmah. Hal ini juga dibenarkan oleh Bapak Masnun Satibi, sebagai Sekretaris Pengurus Cabang Al-Khairiyah Karangtengah.

Bulletin Ciplukan edisi 3
15 Februari 2010

1 komentar:

  1. alhamdulillah ....
    setelah sekian lama akhirnya peningkatan demi peningkatan di sekolah tercinta Q semakin pesat...
    lanjutkan perjuangan..
    benahi, lengkapi & ttp sllu berkarya dan bermakna

    BalasHapus